Jumat, 04 Desember 2009

. Jumat, 04 Desember 2009

ENVIRONMENT BASED EDUCATION (EBE)
Tulisan ini bukanlah ditulis untuk download koran, mohon tidak dimasukkan dalam opini Koran, karena tulisan ini sifatnya mengajak mempelajarinya, siapa saja boleh menerapkannya. terimakasih.
EBE adalah sebuah pendidikan berbasis alam yang saya lakukan dengan konsep outdoor. Di Kepulauan Bangka Belitung baru beberapa pemikir yang menggerakkannya dengan kekhususan bagi anak-anak. Namun tempatnya tidak begitu besar dengan fasilitas yang secukupnya. Saya sebenarnya bukanlah sarjana pendidikan dari FKIP atau apa sajalah yang berkaitan dengan sarjana pendidikan. Namun saya adalah sarjana yang dibekali dengan “hukum” bukan pendidikan, sehingga nantinya akan berbeda dalam beberapa hal terkait dengan pemahaman terhadap pendidikan karena bidangnya berbeda. Walau bukan bidang yang saya peroleh dalam bangku kuliah, saya berusaha untuk memahami beberapa bidang dalam dunia pendidikan secara otodidak dengan banyak membaca, bertanya kepada ahlinya jika saya tidak tahu.
Berbekal pengalaman di bidang PLS sejak tahun 2003 serta berbagai kunjungan baik di daerah yang ada di Indonesia maupun di Singapura, Johor Bahru dan Kuala lumpur, saya tergerak untuk membuat sebuah kawasan yang tadinya disepelekan dan dicemooh karena sulit untuk difungsikan menjadi kawasan yang selalu untuk dikunjungi orang dan dirindukan. Nantinya akan dikonsepkan dengan leadhership dunia dan akherat.
Keinginan ini bermula ketika di babel tidak ada lembaga yang menyelenggarakan apa yang menjadi pikiran saya yang ditempatkan dalam satu komplek. Mungkin ada yang melaksanakannya namun luas lahannya sempit dan banyak menggunakan peralatan modern.
Saya berpikir bagaimana pendidikan alam bisa dirasakan dengan banyak menggunakan pola alami dan 70 % dengan peralatan tradisional. Dibeberapa daerah di Indonenesia sudah banyak menyelenggarakannya, namun untuk Bangka Belitung, rasanya belum ada, atau saya sendiri belum menemukannya didaerah ini.
Sisi lain kenapa tergerak menyelenggarakan ini adalah ketika anak saya yang kedua lahir pada tahun 2005 akhir, 1,5 tahun kemudian saya mulai merasakan ada yang mengganjal dengan keadaan kondisi anak saya tersebut, sepertinya apabila berhadapan dengan outdoor lebih dari 2 jam, maka esok harinya akan sakit. Akhirnya selama 1,5 tahun ia mengalami sakit apabila berada di outdoor, hampir setiap bulan masuk RS. Apabila mandi dalam kolam atau sungai lebih dari 30 menit, maka dia akan demam. Pada saat umurnya 3 tahun secara berkala saya mulai ajak ke kebun dan bermain tanah atau apasaja yang ia suka di kebun. Saya ajak mancing di pinggiran sungai ditempat orangtua saya. Sesukanya dia bermain…namun tetap dalam pengawasan ketat..makan saya ajak di lapangan terbuka…saat ini anak saya sangat menyukai ikan air tawar baik dibakar maupun disayur/dilempah.Saya tidak mengajaknya lagi ke pantai. Karena jika ke pantai akan mengalami keadaan yang serupa lagi. Berdasarkan eksperimen ini, Alhamdulillah, anak saya sekarang mampu mengatasi ketahanan tubuhnya dengan melakukan berbagai kegiatan di outdoor.
Berawal dari beberapa hal tersebut diatas, saya berharap anak-anak yang lain yang ada di babel juga tidak mengalami hal yang sama dengan anak saya, karena lebih awal sudah dibekali ketahan tubu melalui pola outdoor. Bukan ke pantai, namun ketempat yang menyediakan skill alami anak.
Dari pemikiran ini, tergeraklah untuk mendirikan EBE dengan konsep outdoor baik bagi anak PAUD,TK,SD/MI,SMP/MTs, SMA/SMK/MA, mahasiswa dan nantinya juga untuk public/umum. Adapun kegiatan tersebut dipadukan dengan leadhership bagi peserta. Karena kegiatan ini akan dimulai dari membentuk tim, mengikuti berbagai rintangan yang telah disiapkan, dan akhirnya finis, selanjutnya diadakan evaluasi masing-masing tim atas apa yang telah mereka lakukan dengan capaian tertentu.
Masih banyak hal nantinya yang dapat dilakukan oleh peserta apabila bergabung dengan EBE “PUTRA ISMA terletak di Jalan Raya Desa Pangkal Buluh-Payung KM 1,5 Pangkalbuluh, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Mari bergabung dengan kami untuk memperkuat leadhersip anak-anak kita.terimakasih



2 komentar:

Anonim mengatakan...

Pak....mohon bantuan..alamat email Bapak atau lembaga (STAIN Babel). Sata rofiq dari IAIN SUnan Ampel. humas@sunan-ampel.ac.id

Aam Site's mengatakan...

blognya bagus. titip link yah!! http://www.aam.web.id

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Feed Ruri Andari

KOMPAS.com - Nasional

Mengenai Saya

Foto saya
Candidat Doktor,Dosen di Babel, Konsultan Pendidikan, Widiaishwara Badan Diklat Babel,tinggal di Pangkalpinang babel lahir di Pangkalbuluh Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Istri : Maria Susanti, S.Ag, anak 3 orang : Afdila Ilham Isma (lahir di Pekan Baru/Riau), Asyiqo Kalif Isma (lahir di Pangkalpinang, Alziro Qaysa Isma (lahir di Pangkalpinang)
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com